Author Guidelines

1. Petunjuk Umum
Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm) dengan minimal 5 halaman dan maksimum 10 halaman, sudah termasuk gambar dan tabel. Artikel ditulis dengan paragraf 50 mm kedalam tanpa nomor halaman dan disusun dengan urut-urutan topik bahasan: Pendahuluan, Landasan Teori (optional), Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Referensi. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan intisari dalam bahasa Indonesia.

2. Petunjuk Penulisan
Margin ditetapkan dengan ukuran 20mm untuk atas, bawah, kanan dan kiri. Naskah penulisan harus dalam format dua kolom dengan ruang 5mm antara kolom. Atur naskah rata kiri dan kanan pada setiap kolom. Pada halaman terakhir, atur panjang kolom sehingga kolom kiri dan kanan sama panjang. Naskah diawali dengan judul artikel menggunakan huruf Times New Roman font 14 pt bold format dan huruf besar semua. Nama penulis ditulis di bawah judul dengan huruf Times New Roman font 11 pt. Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademik. Apostrop ditulis di belakang nama penulis dengan format superscript. Nama lembaga (institusi penulis, asal kota, provinsi dan negara) ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman, italic, font 10 pt. Email ditulis dibawah nama lembaga dengan huruf Courier New 9 pt dan apostrop ditulis di depan dengan format  superscript. Judul artikel, nama penulis dan nama lembaga ditulis dalam satu kolom dengan rata tengah. Jarak antara judul dengan nama penulis, jarak antara nama penulis dengan nama lembaga, dan jarak antara nama lembaga dengan email penulis masing-masing 6 pt.

Abstrak dan keywords
Menggunakan bahasa Inggris dengan huruf Times New Roman rata kiri kanan dengan format 9 pt bold italic. Intisari dan kata kunci ditulis menggunakan bahasa Indonesia dengan huruf Times New Roman rata kiri kanan dengan format 9 pt bold bold. Abstract dan intisari masing-masing sepanjang 150-200 kata. Keywords dan kata kunci ditulis di bawah teks abstract dan intisari, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda tkoma. Abstract, keywords, intisari dan kata kunci ditulis dalam satu kolom dengan rata kiri kanan.

Isi artikel
Diketik dalam program MS Word dengan jenis huruf Times New Roman dengan font 10 pt, 1 spasi dan dalam format dua kolom. Penulisan paragraf di tepi kiri baris tanpa jarak peralihan paragraf baru dengan awal paragraf menjorok ke dalam 1 spasi.

Sub judul topik bahasan
Ditulis dengan huruf tebal dengan format UPPERCASE dan disusun rata tengah dengan penomoran romawi didepannya dan tanpa garis bawah.

Gambar dan Tabel
Posisikan gambar dan tabel pada bagian atas dan bawah kolom (jangan pada bagian tengah naskah); untuk menjamin kualitas gambar tetap bagus pada saat cetak, file-file gambar juga dikirimkan secara terpisah dengan format gambar dalam ekstensi EPS. Gambar dan tabel yang besar bisa diletakkan ditengah-tengah halaman, dengan menggabungkan kedua kolom. Judul gambar harus berada di tengah (centered) bawah dari gambar bila hanya terdiri dari satu baris, untuk judul yang lebih dari satu baris diatur rata (justified). Judul tabel harus berada di tengah atas tabel bila hanya terdiri dari satu baris, untuk judul yang lebih dari satu baris diatur rata (justified). Gambar dan tabel selayaknya disebutkan dulu di naskah, kemudian ditampilkan. Nama aksis gambar dituliskan seperti misalnya “Magnetization,” atau “Magnetization, M,” jangan hanya “M.”  Kemudian tuliskan satuannya dalam tanda kurung. Jangan menamai aksis hanya dengan satuan. Besar huruf pada label gambar harus bisa terbaca, paling tidak ukuran 10 pt.

Persamaan
Nomori persamaan secara berurutan dengan nomor persamaan dalam tanda kurung rata dengan margin kanan, seperti pada (1). Supaya representasi persamaan lebih kompak, gunakan fungsi exp function   atau eksponen yang sesuai. Untuk kuantitas dan variable, cetak miring (italic) symbol Roman, bukan symbol Greek. Gunakan en dash (-) dan bukan hypen untuk tanda minus. Gunakan tanda kurung untuk memperjelas bagian penyebut pada bilangan pecahan. Pisahkan persamaan dengan koma jika persamaan tersebut merupakan bagian dari kalimat. Simbol pada persamaan seharusnya didefinisikan terlebih dahulu sebelum persamaannya muncul atau segera sesudahnya. Gunakan “(1),” bukan “Pers. (1)” atau “persamaan (1),” kecuali pada permulaan kalimat: “Persamaan (1) adalah ...”

Kutipan/ Cuplikan 
Sistem penulisan kutipan/cuplikan suatu naskah atau literatur menggunakan sistem IEEE Xplore. Sumber pustaka dituliskan di dalam uraian hanya terdiri dari penomoran item referensi diketik berurutan dalam tanda kurung siku (misalnya [1]).

Daftar Pustaka 
Nomori publikasi pada bagian Referensi secara berurutan dalam tanda kurung segiempat [1]. Tanda titik mengikuti tanda kurung [2]. Selanjutnya, semua referensi harus diacu pada naskah. Untuk mengacu 1,2 dan 3, gunakan [1]-[3]. Untuk mengacu ke 1 dan 3, gunakan [1], [3]. Nomori catatan kaki dengan format superscript. Tempatkan catatan kakinya pada bagian bawah kolom dimana nomr catatan kakinya diselipkan. Jangan gunakan catatan kaki pada referensi. Tuliskan semua nama pemilik naskah. Naskah yang belum diterbitkan, walaupun telah dikirimkan untuk diterbitkan harus diacu sebagai "unpublished” [4]. Naskah yang telah diterima untuk diterbitkan diacu sebagai “in press” [5]. Pada judul naskah, kata pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata sambung dan kata depan yang kurang dari 7 karakter.

Singkatan dan Akronim
Definisikan singkatan dan akronim pada saat pertama sekali digunakan pada teks, walaupun singkatan dan akronim tersebut telah didefinisikan di abstrak. Singkatan seperti IEEE, SI, MKS, CGS, sc, dc, dan rms tidak perlu didefinisikan kembali. Jangan gunakan singkatan pada judul, kecuali tidak ada pilihan lain. 

Pemuatan Artikel
Artikel dikirimkan / didaftarkan secara online dengan cara mengakses website dari Elektrika Borneo dengan alamat sebagai berikut; http://ejournal.ppkia.ac.id/index.php/JAMAS. Setiap Penulis harus mempunyai username dan Password untuk bisa mendaftarkan artikelnya. Data pada bagian Metadata harus diisi secara lengkap data semua Penulis. Setiap mendaftarkan artikelnya dapat dilengkapi dengan Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa artiel terbebas dari konflik dan plagiarism. Setiap artikel akan dilakukan telaah oleh Dewan Redaksi dan/atau Mitra Bestari. Korespondensi akan ditujukan kepada penulis pertama. Penulis harus segera memperbaiki artikel sesuai petunjuk reviewer. Jika artikel telah dinyatakan diterima baik Major Revision maupun Minor Revision, maka Penulis harus segera memperbaiki artikel sesuai petunjuk reviewer